Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil

Sepertinya sudah diketahui umum jika kebiasaan menahan buang air kecil bisa berakibat fatal pada kesehatan. Terlebih jika Anda melakukannya terlalu sering.

Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil

Jangan sesekali Anda terus-menerus melakukan kebiasaan ini, sebab seperti dalam laman detik health dijelaskan jika ada akibat yang harus ditanggung jika Anda terlal usering menahan keinginan untuk buang air kecil. Tepatnya, ada 10 hal buruk yang bisa terjadi akibat sering menahan buang air kecil. Apa saja?

1. Urin yang ditampung dalam kandung kemih, jika tidak segera dikeluarkan maka akan menyebabkan kandung kemih akan penuh. Saat itulah kandung kemih akan bekerja lebih keras, dan menyebabkan bentuk dasar panggul tidak sesuai dengan semestinya.

2. Kebiasaan menahan buang air kecil sangat tidak baik karena dapat menyebabkan infeksi mulai dari saluran kemih hingga infeksi ginjal. Menahan buang air kecil bisa menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) karena adanya bakteri yang berkembang biak di kandung kemih.

3. Akibat dari infeksi mulai dari saluran kemih dapat berujung pada infeksi ginjal. Bakteri yang muncul di saluran kemih tidak hanya menyebabkan infeksi, namun bisa juga menyebabkan masalah lain seperti nyeri, kram, demam, dan lainnya.

4. Parahnya lagi, menahan buang air kecil juga dapat memengaruhi organ-organ penting lainnya. Kandung kemih yang terhubung dengan ginjal, hal itu juga bisa menyebabkan infeksi dan kerusakan ginjal.

5. Menahan buang air kecil juga bisa menyebabkan otot terjepit. Dengan menahan buang air kecil maka otot bekerja lebih keras. Banyak yang mengira bahwa sakit yang dirasakan hanya sakit biasa, tapi sebenarnya bisa jadi otot-otot yang terjepit karena penuhnya kandung kemih.

6. Anyang-anyangan pada umumnya terjadi karena menahan buang air kecil terlalu lama. Kondisi di mana sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil dan merupakan gejala awal dari infeksi saluran kemih.

7. Dengan memiliki kebiasaan untuk menahan buang air kecil juga bisa mengganggu sistem pencernaan. Kotoran yang seharusnya dibuang akan mengendap dan menumpuk dengan proses pencernaan berikutnya.

8. Inkontinensia, dapat terjadi akibat seringnya menahan buang air kecil. Kondisi ini merupakan ketidakmampuan seseorang mengontrol keluarnya urine atau sering disebut beser yang berlebihan. Bahkan bisa buang air kecil 60 kali perhari.

9. Batu ginjal juga dapat terbentuk akibat terjadi penumpukan urin. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

10. Jika sering menahan buang air kecil, maka semakin lama akan menjadi sebuah kebiasaan buruk.

Posted by Obat Kencing Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *