Anyang-anyangan Disertai Pinggang Sakit Gejala Kencing Batu?

Taukah Anda penyakit Anyang-anyangan? Penyakit Anyang-anyangan biasanya ditandai dengan munculnya rasa sakit dan terbakar pada saat Anda buang air kecil. Nah kondisi ini ternyata sebuah gejala yang terjadi akibat dehidrasi, infeksi saluran kemih dan kencing batu. Lebih spesifik lagi jika gejalanya disertai rasa sakit yang muncul di pinggang.

Seperti penuturan dr Devintha Tiza Ariani, SpU, dari RS Puri Indah – Pondok Indah bahwa penyakit Anyang-anyangan yang muncul dengan rasa sakit di pinggang kemungkinan besar meamng terjadi akibat munculnya batu di saluran kemih. Batu yang muncul dan berada tepat di saluran kemih akan memicu sulitnya proses pembuangan air kencing, memunculkan rasa sakit dan terkadang disertai kencing berdarah.

Anyang-anyangan Disertai Pinggang Sakit Gejala Kencing Batu

Dilansir penyataan dr. Devintha pada detikHealth, “Keluhan¬† yang dirasakan penderita batu saluran kemih bisa nyeri tumpul atau bila batu bergerak di daerah saluran kemih atas dengan ruangan sempit misalnya ureter maka terdapat nyeri hebat mendadak, disebut kolik bisa disertai mual dan muntah, buang air kecil berdarah, nyeri bisa menjalar ke zakar, terkadang dengan demam,” uangkapnya.

Kencing batu, terkadang disebut juga dengan batu saluran kemih ataupun batu ginjal terjadi akibat dari peningkatan konsentrasi endapat dari sisa metabolisme tubuh yang tidak lain adalah urin. Kondisi ini lebih parah jika penderitanya kurang dalam mengknsumsi air minum dan menyebabkan gangguan dalam penyerapan usus hingga memicu batu di saluran kemih, ginjal dan kandung kemih.

REKOMENDASI : Obat Herbal Batu Kandung Kemih Pada Pria Paling Mujarab

Batu saluran kemih ini umumnya banyak terjadi pada pria dibandingkan wanita. Pria, lebih banyak berisiko karena memiliki jalur saluran kemih yang lebih panjang dan sempit. Ditambah dengan gaya hidup pria yang tidak sehat, kebiasaan mengkonsumsi air minum yang kurang bisa memunculkan risiko ini lebih besar. Untuk itu tetap sangat dianjurkan untuk menjalani pola hidup yan gsehat dan tetap produktif dalam menjalankan gaya hidup sehat.

Di masa yang akan datang pencegahan dari terjadinya kencing batu dapat dicegah dengan memulai kebiasaan mengkonsumsi air putih seperti yang dianjurkan yaitu 8 gelas perhari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Anyang-anyangan Disertai Pinggang Sakit Gejala Kencing Batu? |

Baca juga : Kencing Berdarah Juga Tanda Dari Kanker Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *