Benarkah Kencing Berdarah Pertanda Kanker Prostat?

Hati-hati jika Anda mengalami kencing berdarah, apalagi jika terjadi pada kaum laki-laki karena kencing berdarah ini bisa saja menjadi indikasi bahwa Anda terkena penyakit berbahaya seperti kanker prostat. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut lagi, silahkan simak artikel dibawah ini.

Benarkah Kencing Berdarah Pertanda Kanker Prostat

Pembesaran Kelenjar Prostat.

Kelenjar prostat ini termasuk kedalam bagian dalam tubuh yang letaknya di bawah kandung kemih dan mengelilingi bagian atas uretra. Ketika kelenjar prostat membesar maka akan menekan uretra yang akan membuat saluran uretra menyempit. Tanda dan gejala pembesaran prostat ini (benign prostatic hyperplasia, atau BPH) meliputi kesulitan dalam buang air kecil, sebentar sebentar ingin kencing, kencingnya menetes, terasa tidak lampias dan juga dapat menyebabkan kencing berdarah atau Hematuria baik terlihat atau pun tidak ( mikroskopis ). Disamping itu, infeksi pada prostat (prostatitis) serta kanker atau rumor prostat dapat menyebabkan tanda-tanda dan gejala yang sama.

Penyebab dari penyakit kanker prostat secara pasti belum diketahui. Namun, faktor penuaan dan genetika yang saat ini dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker. Gejala dari kanker prostat itu sendiri, diantaranya adalah :

  • Butuh waktu lama untuk mengeluarkan semua urine dalam kandung kemih.
  • Aliran kencing lemah.
  • Setelah selesai berkemih, muncul desakan ingin berkemih lagi, tapi dengan kuantitas urine yang lebih sedikit.
  • Berkemih dengan frekuensi lebih sering.

Beberapa tes perlu dilakukan untuk mendiagnosis apakah kencing darah yang dialami diakibatkan oleh kondisi serius tertentu. Tes tersebut, antara lain tes urine, pemeriksaan ultrasonografi, dan tes kadar protein yang diproduksi oleh kelenjar prostat, yaitu Prostate-Specific Antigen (PSA). Makin dini Anda memeriksakan diri, maka penyakit dapat segera ditangani untuk mencegah kondisinya memburuk.

Baca juga : Kencing Berdarah Adalah Gejala Awal Karsinoma Sel Ginjal

Benarkah Kencing Berdarah Pertanda Kanker Prostat? |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *