Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Secara Tradisional

Penyakit infeksi saluran kencing (kemih) merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran kencing, dimana saluran kencing memiliki fungsi untuk membuang atau mengeluarkan urin dari dalam tubuh. Infeksi yang terjadi pada saluran kemih (ISK) merupakan kondisi dimana organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, terkena infeksi. Penderita infeksi saluran kencing biasanya mengalami rasa sakit, perih dan panas saat buang air kecil.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Secara Tradisional

Infeksi saluran kencing ini juga dapat terjadi pada siapa saja. Namun, karena tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek, jadilah para wanita yang lebih rentan dengan infeksi tersebut. Penyebab umum infeksi saluran kencing adalah bakteri, virus maupun jamur. Penyebaran virus ini lebih mudah masuk kedalam tubuh dikarenakan jarak lubang untuk buang air kecil wanita lebih dekat atau pendek dengan anus, dimana kondisi tersebut membuat kotoran dari anus dapat merambat ke bagian kemaluan wanita. Wanita yang sering membersihkan dari arah belakang ke depan setelah buang air kecil memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit infeksi saluran kencing.

Akan tetapi, infeksi tergolong ringan dan Anda tidak berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi, dan perawatan di rumah sakit tidak diperlukan. Selain antibiotik, obat pereda rasa sakit, seperti parasetamol, terkadang juga diperlukan untuk menghilangkan rasa nyeri akibat infeksi tersebut.

Cara penyembuhan infeksi saluran kencing.

Cara penyembuhan yang tepat dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :

  • Melakukan pemeriksaan ke dokter.

Cara pertama ini adalah paling dasar, dan diharuskan agar dapat mengetahui sejauh mana infeksi terjadi dan apakah infeksi saluran kencing yang Anda alami berbahaya artau tidak. Setelah dokter kemudian mendiagnosis, mungkin dokter akan meresepkan antibiotik.

  • Dengan memperbanyak konsumsi air putih.

Minum air putih lebih banyak juga disarankan pada penderita infeksi saluran kencing. Air putih ni bermanfaat untuk mengatas masalah infeksi karena air membantu menghilangkan dan bersifat mencuci saluran yang telah tertutupi oleh bakteri. Selain memperbanyak konsumsi air putih, Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang bersifatnya panas seperti kopi, makanan pedas dan banyak bumbunya, makanan yang manis, makanan berlemak dan daging yang berlebihan.

  • Konsumsi Vitamin C.

Vitamin C, dipercaya dapat membantu mengatasi masalah infeksi di saluran kencing. Manfaat Vitamin C ini akan membuat urin menjadi lebih asam. Hal ini berguna untuk menghalangi pertumbuhan bakteri serta kuman yang berujung pada infeksi. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung Vitamin C dapat mengurangi penempelan bakteri pada saluran kencing Anda.

  • Pertimbangkan solusi pengobatan herbal.

Anda juga bisa mempertimbangkan solusi pengobatan herbal dengan beberapa bahan alami yang memiliki efek mengatasi peradangan, dan memulihkan dari kondisi infeksi. Rekomendasi untuk pengobatan herbal infeksi saluran kencing seperti yang dilansir dari situs laman Gelena, terdiri dari 3 macam. Diantaranya :

1. Dengan ramuan Kumis Kucing.

Ramuan Kumis Kucing baik untuk infeksi atau peradangan saluran kencing secara menyeluruh. Untuk membuat ramuan ini, Anda cukup menyiapkan bahan-bahannya, yakni 30 gram kumis kucing segar atau 15 gram yang kering, 20 gram akar alang-alang segar dan 15 gram bunga kenanga kering.Cara membuatnya pun mudah, cara rebus semua bahan kedalam 4 gelas air, hingga air menjadi 2 gelas. Minum segelas dua kali sehari sampai sembuh. Jika belum sembuh dalam 3 hari, sebaiknya periksakan ke rumah sakit atau dokter.

2. Rambut Jagung.

Anda mungkin tidak menyangka dan jarang mengetahui bahwa rambut jagung juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan. Ramuan rambut jagung bersifat diuretik dan baik untuk mengurangi peradangan saluran kencing. Selain itu, manfaatnya juga baik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Bahan-bahan yang diperlukan tentu saja adalah rambut jagung dari 2 buah jagung, serta 10 gram akar alang-alang kering. Cara membuatnya adalah dengan rebus semua bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum 2 kali sehari untuk infeksi atau radang yang ringan. Minum sebanyak 4 kali sehari untuk infeksi atau peradangan yang berat. Apabila Anda dalam 3 hari belum sembuh, periksakan ke rumah sakit atau dokter terdekat.

3. Minum jus Cranberry.

Dalam sebuah study ditemukan jika cara baru bagaimana kandungan kimia dalam buah Cranberry dapat mengubah perilaku bakteri, dengan kata lain berperan potensial untuk derivatif dalam implan. Sejak dulu ada mitos yang mengatakan walaupun beberapa ahli mengatakan itu belum mempunyai dasar fakta bahwa dengan mengkonsumsi buah ini juga dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Khasiat buah Cranberry adalah menghambat bakteri yang menempel pada dinding saluran kemih, yang dikenal dengan PAC (proanthocyanidins). Meningkatnya konsentrasi ekstrak juga mengurangi produksi bakteri dari urease, enzim yang berkontribusi terhadap infeksi virulensi.

Demikianlah seputar Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Secara Tradisional, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Salam Obat Kencing Berdarah.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *