Cara Paling Mudah Dalam Menangani Anyang-anyangan

Anyang-anyangan diketahui adalah kondisi dimana terjadinya rasa sakit saat berkemih (buang air kecil) dan terkadang disertai kencing berdarah.

Walaupun terkadang Anyang-anyangan dianggap sebagai gangguan kesehatan yang tidak terlalu berbahaya, namun kondisi tersebut bisa menyebabkan Anda mondar-mandi toilet tiap 15 menit sekali.

Cara Paling Mudah Dalam Menangani Anyang-anyangan

Umumnya penanganan yang dilakukan adalah dengan antibiotik. Namun, jika Anda tidak keberatan ada cara alami yang bisa dilakukan untuk menangani kondisi tersebut. Berikut adalah Cara Paling Mudah Dalam Menangani Anyang-anyangan seperti yang dikutip dalam laman MeetDoctor.

1. Banyak minum air putih.

Satu hal yang perlu Anda lakukan saat terkena infeksi kandung kemih adalah banyak-banyaklah minum air putih karena air akan membantu mengusir bakteri penyebab infeksi melalui air seni, demikian menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

2. Kompres panas.

Peradangan serta iritasi infeksi saluran kemih dapat menyebabkan rasa panas dan nyeri di sekitar daerah kemaluan. Bantal pemanas atau kompres panas dapat membantu mengurangi keluhan. Atur suhu bantal agar tidak terlalu tinggi dan jangan menerapkannya langsung ke kulit, serta membatasi penggunaan maksimal 15 menit untuk menghindari luka bakar.

3. Jauhi faktor pemicu gejala.

Saat menderita infeksi, kafein, alkohol, makanan terlalu berbumbu, nikotin, dan minuman berkarbonasi serta pemanis buatan dapat semakin mengiritasi kandung kemih. Ini akan membuat infeksi Anda semakin sulit sembuh. Maka dari itu sebaiknya konsumsilah makanan sehat yang kaya serat karena serat lah yang dibutuhkan oleh pencernaan agar tetap sehat.

4. Konsumsi Vitamin C.

Mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan Vitamin C sangatlah penting karena Vitamin C dapat membuat urin menjadi lebih asam sehingga pertumbuhan bakteri terhambat.

5. Teruslah berkemih.

Setiap kali Anda berkemih, ada bakteri yang ikut keluar bersama air seni. Jadi, teruslah minum dan berkemih agar semakin banyak bakteri yang keluar.

6. Mempertimbangkan pengobatan herbal.

Daun Bearberry diketahui dapat membantu meredakan infeksi saluran kemih bagian bawah. Tapi, menurut Rivers, herbal tersebut hanya boleh digunakan maksimal selama lima hari karena berisiko menyebabkan kerusakan liver. Konsultasikan kepada dokter sebelum Anda menggunakan pengobatan herbal untuk menghindari risiko yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *