Keluar Darah Saat Kencing Waktu Hamil Muda

Bunda yang mengalami kejadian ini, ketika kencing atau buang air kecil disertai darah perlu diperhatikan benar tentang apa yang menjadi penyebabnya.

Keluar Darah Saat Kencing Waktu Hamil Muda

Dalam kondisi yang umum, kencing berdarah terjadi akibat adanya infeksi di saluran kemih. Namun, jika kondisi ini terjadi pada wanita hamil, termasuk saat hamil muda kondisi ini bisa dikatakan sebagai perdarahan yang terjadi saat kehamilan muda (< 20 minggu) atau saat kehamilan yang lebih tua.

Pendarahan pada kehamilan yang kruang dari usia 20 minggu tersebut seringkali terjadi akibat abortus atau keguguran. Abortus yang menjadi penyebab pendarahan di kehamilan muda tersebut memiliki beberapa jenis, yaitu :

  • Abortus imminens; ancaman terjadinya keguguran, perdarahan biasanya berupa flek, jalan lahir masih tertutup.
  • Abortus insipiens; keguguran sedang berlangsung di mana terjadi sakit perut yang sedang-hebat disertai perdarahan yang aktif (bisa menyerupai perdarahan menstruasi).
  • Abortus komplit; keluarnya seluruh hasil pembuahan dengan gejala perdarahan yang banyak (cair dan bergumpal-gumpal) dan jalan lahir telah tertutup.
  • Abortus inkomplit; keluarnya sebagian hasil pembuahan, jalan lahir masih terbuka.

Berbeda jika pendarahan terjadi di usia kehamilan lebih dari 22 minggu, kondisi ini umumnya terjadi karena :

  • Plasenta previa; letak plasenta (ari-ari) abnormal, dapat menutupi sebagian atau secara total jalan lahir.
  • Perdarahan yang terjadi biasanya sedikit-sedikit terutama di pagi hari, berwarna merah segar, dan sering tanpa disertai rasa nyeri.
  • Solusio plasenta; lepasnya plasenta dari tempat perlekatannya sehingga aliran darah ke janin sangat terganggu. Gejalanya berupa perdarahan berwarna merah kehitaman dengan sakit perut yang hebat. Kondisi ini bersifat fatal.

Jika ibu hamil mengalami kondisi tersebut, sebaiknya segera periksakan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai kondisi yang dialami.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.