Kencing Berdarah Adalah Gejala Awal Karsinoma Sel Ginjal

Baru-baru ini diketahui bahwa salah satu gejala awal dari Karsinoma Sel Ginjal, adalah kencing berdarah. Jadi, mari kita bahas sedikit mengenai Karsinoma Sel Ginjal tersebut.

Kencing Berdarah Adalah Gejala Awal Karsinoma Sel Ginjal

Pengertian dari Karsinoma Sel Ginjal ini sendiri merupakan suatu penyakit sel dari tubuh manusia, yang bisa menyebabkan kanker namun sayangnya penyebabnya masih menjadi misteri. Akan tetapi, seperti kebanyakan jenis penyakit yang saat ini banyak terjadi beberapa penyebab dipastikan dimulai dari kebiasan buruk seperti merokok, pola hidup yang tidak sehat, lingkungan yang buruk, terkena paparan sinar matahari secara berlebihan, makanan dan minuman yang tidak sehat, paparan jangka panjang dengan bahan kimia dan asbes, serta karsinogen (zat penyebab kanker) lainnya, dimana semua yang disebutkan ini merupakan faktor yang dapat menyebabkan kanker.

Berdasarkan hasil dari laporan medis yang ada, telah disebutkan bahwa rasio menderita karsinoma sel ginjal bagi mereka yang punya kebiasaan merokok itu 5.7x lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Sementara itu, mereka yang punya kebiasaan mengonsumsi obat pereda sakit juga lebih rentan terserang karsinoma sel ginjal. Terjadinya karsinoma sel ginjal, selain faktor turunan, juga berhubungan dengan genetika dan lingkungan. Karsinoma sel ginjal awal tidak menunjukkan gejalanya, biasanya ketika tumor telah berkembang cukup besar, mungkin benjolannya baru bisa diraba, menyebabkan rasa sakit atau terjadi kencing berdarah atau hematuria, dan saat demikian gejalanya sudah sangat serius. Oleh karena itu, karsinoma sel ginjal juga dikenal sebagai silent killer (penyakit yang diam-diam mematikan)

Baca juga : Minum Es Beresiko Terkena Kencing Berdarah?

Kencing Berdarah Adalah Gejala Awal Karsinoma Sel Ginjal |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *