Kencing Berdarah Dampak Buruk Dari Keracunan Jengkol

Tidak banyak yang tahu jika sebenarnya kalau terlalu banyak konsumsi Jengkol, bisa menyebabkan keracunan. Untuk itu, diharapkan Anda sebagai penggemar makanan yang satu ini, lebih baik konsumsi dengan wajar saja.

Kencing Berdarah Dampak Buruk Dari Keracunan Jengkol

Hal ini juga diketahui menurut dr Anna Maurina Singal, MGizi, SpGK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), beliau mengatakan jika kandungan asam jengkolat atau jengkolic acid pada jengkol, bisa jadi sumber masalah. Gejala awal seseorang mengalami “Djenkolism” adalah saat keracunan jengkol yaitu mual dan muntah, juga nyeri di perut.

Gejala dari keracunan jengkol ini sifatnya juga individu. Jadi, tidak serta merta seseorang makan 10 jengkol menyebabkan efek keracunan yang sama, pada orang lain yang juga mengkonsumsi jengkol sebanyak 10 jengkol.

Asam jengkolat yang menumpuk terlalu banyak dalam tubuh nantinya berdampak pada pengkristalan dan menyumbat saluran urin. Jika dibiarkan terlalu lama kristal tersebut bisa melukai saluran menyebabkan pendarahan yang mungkin terlihat di urin.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *