Kencing Berdarah Tanda Penyakit Lupus

Kencing berdarah tidak hanya tanda ada masalah pada saluran kencing, namun beragam faktor penyakit juga mendasarinya, diantaranya gangguan ginjal dan salurannya, dan juga Lupus.

Kencing Berdarah Tanda Penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit yang dikenal masyarakat sebagai penyakit autoimun. Artinya, sistem kekebalan tubuh menyerang seluruh bagian tubuh sendiri. Ciri-ciri Lupus juga bervariasi pada penderitanya. Mereka bisa mengalami gejala seperti kelelahan, nyeri pada persendian, nyeri dada, hingga retensi air yang disebabkan oleh adanya pembengkakan. Dan, karena penderita Lupys mayoritas kaum perempuan, mereka harus lebih paham tentang gejala-gejala tersebut. Dan berikut ini adalah penjelasannya.

  • Ruam di wajah.

Ruam merah di kulit yang muncul saat terkena sinar matahari termasuk gejala yang sangat khas dari Lupus. Ini disebut ruam kupu-kupu dan biasanya memanjang dari jembatan hidung, bawah tulang pipi, sampai tulang rahang.

  • Rambut rontok.

Ini sering terlihat di daerah frontal dan kadang-kadang dapat menyebabkan kebotakan yang memalukan. Gejala rambut rontok juga dapat menyebabkan luka di kulit kepala.

  • Retensi air dan kencing berdarah.

Gangguan ginjal adalah gejala lain dan biasanya menjadi manifestasi serius dari penyakit ini. Masalahnya, kondisi ginjal yang kemudian kian memburuk sering tidak diketahui. Masalah ginjal dapat menyebabkan retensi air, sehingga pembengkakan dan kenaikan berat badan dapat terjadi.

  • Pembengkakan dan nyeri sendi.

Nyeri, pembengkakan, dan kekakuan pada sendi di pagi hari termasuk tanda-tanda klasik dari Lupus. Gejala ini paling sering dirasakan pada pergelangan tangan, buku-buku jari, dan jari-jari. Kondisi ini serupa dengan gejala rheumatoid arthritis (RA). Perbedaannya, jika RA menyerang tangan kanan kiri, lupus hanya mengerang salah satu sisi. Pembengkakan karena lupus juga bisa datang dan pergi, bukannya semakin buruk seperti pada RA. Yang membedakannya lagi, lupus cenderung terjadi pada pasien yang lebih muda.

  • Kelelahan.

Kelelahan Ini juga merupakan salah satu gejala lupus. Lupus dapat menyebabkan masalah darah seperti anemia, yang membuat lemah, letih, lesu, termasuk karena masalah pada ginjal. Turunnya kesehatan paru-paru atau jantung juga dapat membuat Anda lelah.

  • Nyeri dada.

Lupus sering menyebabkan peradangan pada jantung. Hal ini menyebabkan sesak napas, nyeri dada yang tajam, aliran darah terganggu, dan peningkatan risiko penyakit jantung. Lupus juga dapat mempengaruhi bagian dalam dan luar paru-paru.

  • Mengalami luka di mulut.

Tidak seperti sariawan biasa, luka ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga banyak pasien lupus tidak sadar mereka memilikinya. Luka ini biasanya muncul di atap mulut dan kadang-kadang di hidung.

  • Kejang dan kehilangan memori.

Lupus juga bisa menyerang otak. Anda dapat kejang, disorientasi, menjadi psikotik, dan kehilangan memori.

  • Masalah kesehatan mental.

Perasaan takut, kekhawatiran berlebihan, ketidakstabilan, adalah bagian dari pengaruh lupus pada kesehatan mental. Tanpa gejala lupus lainnya, seseorang dengan gejala tersebut perlu mengonsultasikan masalah mereka ke dokter.

Posted by Obat Kencing Berdarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *