Mengapa Urin Berbau Tajam? Ini Dia Jawabannya!

Pada umumnya tubuh dalam sehari dapat memproduksi kurang lebih tujuh cangkir urin. Di dalam urin juga ditemukan setidaknya 3000 jenis senyawa berbeda yang berasal dari makanan, minuman, obat dan dll. Senyawa-senyawa tersebut kemudian dipisahkan dengan darah oleh ginjal.

Mengapa Urin Berbau Tajam Ini Dia Jawabannya

Ketika dalam kondisi sehat dan cukup untuk tidak dehidrasi, urin yang dihasilkan biasanya tidak memiliki bau tertentu. Jika sebaliknya, berarti kemungkinan ada yang salah dalam proses pembuangan ginjal sebaiknya ketahui lebih dalam lagi. Namun seperti yang dilansir dari Huffingtonpost, beberapa penyebab urin mengalami bau yang tajam, diantaranya :

1. Mengkonsumsi makanan berbau menyengat.

Salah satu penyebab urin Anda menjadi berbau menyengat adalah makanan. Contoh-contoh makanan yang dapat menimbulkan bau pada urin diantaranya jengkol, petai dan Asparagus. Jengkol dan petai kita sudah tau bahwa kedua makanan tersebut memang memiliki bau yang khas. Bagaimana dengan Asparagus? Nah sayuran yang satu ini ternyata mengandung senyawa tertentu yang ketika masuk ke pencernaan dipecah menjadi senyawa sulfur. Itulah yang menyebabkan urine berbau seperti telur busuk setelah makan Asparagus.

2. Dehidrasi.

Jika Anda kekurangan konsumsi air minum, maka kemungkinan besar dapat dipastikan urin akan memiliki bau yang lebih menyengat dari biasanya. Inilah pertanda urin menjadi kental karena kurangnya cairan untuk menyeimbangkan kandungan senaywa dan kimia di dalamnya.

3. Infeksi bakteri.

Jika kandung kemih Anda menjadi sarang bakteri yang berkumpul dikarenakan gangguan pada urtethra, hal tersebut dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. Penyakit ini lebih banyak terjadi pada wanita dikarenakan saluran kencing wanita lebih pendek dibandingkan pria. Infeksi ini juga menjadi salah satu penyebab urin berbau menyengat dan terkadang diseritai rasa terbakar / panas saat berkemih.

4. Diabetes.

Diabetes menjadi salah satu penyebab lainnya urin berbau menyengat. Alasannya karena ndividu dengan diabetes tidak memiliki cukup insulin dalam tubuh untuk memproses glukosa yang mereka perlukan untuk menjadi energi. Alih-alih, tubuh mereka malah membakar lemak untuk energi. Proses ini menciptakan ketone yang bisa menyebabkan bau menyerupai aroma buah pada urine dan napas orang tersebut.

Baca juga : Obat Tradisional Pilihan Terbaik Untuk Mengatasi Hematuria

Mengapa Urin Berbau Tajam? Ini Dia Jawabannya! |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.