Mengapa Urin Berbusa Dan Terlihat Seperti Teh

Saat kita buang air kecil, tentu pernah setidaknya melihat bagaimana urin dan warnanya. Yang membuat kaget adalah jika urin yang keluar berbeda, perbedaan bisa terlihat dari warna dan baunya. Kita pasti sudah mengenal bagaimana aroma urin kita sendiri dengan warnanya. Lalu bagaimana saat kita kemudian menemukan urin kita berubah berbusa dan memiliki warna seperti teh?

Mengapa Urin Berbusa Dan Terlihat Seperti Teh

Menurut penjelasan dari dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU dari RS Maya seperti yang dikutip dari laman detik Health, menyatakan jika “Warna teh pada urine disertai dengan busa bisa disebabkan oleh kurang minum air putih atau dalam kondisi dehidrasi ringan”, ujarnya. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi air putih yang cukup. Selain itu, tidak menunda-nunda ke toilet saat terasa ingin buang air kecil juga harus dilakukan, hal ini agar ginjal senantiasa berfungsi dengan baik.

Saat berkemih, adalah proses normal dimana kita telah membuang hasil sekresi tubuh yang kemudian disaring oleh ginjal dan kembali menjadi cairan untuk keluar dari dalam tubuh yang disebut urin atau air seni.

Terjadinya perubahan warna pada urin juga menunjukkan bahwa ada yang tidak beres dengan organ ginjal, bahkan bisa masuk indikasi gagal ginjal dengan gejala yang muncul biasanya sangat kecil dan susah dikenali.

Adapun sedikitnya ciri-ciri atau tanda yang bisa dirasakan karena gangguan ginjal adalah badan lemas, tidak nafsu makan, kaki membengkak atau bahkan seluruh tubuh membengkak. Untuk mengetahui apakah gangguan urin ini terjadi akibat penyakit ginjal, minimal hal yang dilakukan adalah melakukan pemeriksaan darah dan rontgen.

Sementara, menurut pada ahli kesehatan lain menyebut jika air kencing / urin yang berbusa atau berbuih bisa menandakan jika proteinnya banyak atau disebut Proteinuria. Protein pada urin yang banyak ini merupakan salah satu faktor risiko gangguan fungsi ginjal.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *