Minum Es Beresiko Terkena Kencing Berdarah?

Anda penggemar minuman es? Suka sekali dengan es batu? Jika iya, sebaiknya tidak boleh terlalu sering dalam mengkonsumsinya karena berita kesehatan telah merilis bahwa kencing berdarah atau Hematuria juga bisa terjadi karena konsumsi es batu. Tidak akan terlalu bermasalah jika mengkonsumsi es batu buatan sendiri karena tentu akan terjamin kualitas dan kebersihannya, lain lagi jika yang disediakan di warung-warung di pinggir jalan tidak bisa dijamin kebersihannya. Air yang tercemar bakteri bisa menyebabkan diare bahkan pendarahan saat Anda buang air kecil maupun buang air besar.

Minum Es Beresiko Terkena Kencing Berdarah.

Bakteri yang biasanya rentan di air adalah jenis bakteri Escherichia coli. Bakteri Escherichia coli dapat menyebabkan pendarahan saat buang air besar dan air kecil karena hemolisis. Bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal. Hal ini juga telah diungkapkan oleh Dr.dr.Agustin Kusumayati, M.Sc, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Walaupun kasus seperti ini termasuk pada kasus yang jarang terjadi, namun tetap tidak boleh dianggap sepele. Jika es batu yang terkontaminasi bakteri Escherichia coli, akan berdampak kronik pada tubuh, melainkan akut. Artinya segera terjadi infeksi. Bisa dengan muntah atau diare. Penting untuk Anda ketahui bahwa es batu juga merupakan makanan yang berisiko tinggi menularkan banyak penyakit. Ketika sudah terkontaminasi bakteri, Anda tidak bisa melakukan apa pun. Meski es batu dicuci bersih, bakteri di dalamnya tetap hidup.

Baca juga : Inilah Penyebab Rasa Sakit Ketika Buang Air Kecil

Minum Es Beresiko Terkena Kencing Berdarah? |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *