Penyebab Terjadinya Kencing Berdarah Pada Anak Balita

Tahukah Anda jika anak-anak juga bisa mengalami kencing berdarah? Ya, kondisi ini tidak serta merta terjadi tanpa sebab. Pada umumnya, anak balita mengalami kondisi kencing berdarah akibat Infeksi Saluran Kemih.

Penyebab Terjadinya Kencing Berdarah Pada Anak Balita

Infeksi saluran kemih atau ISK adalah kondisi dimana terjadi gangguan pembuangan urin. Infeksi saluran kemih memang pada umumnya ditemukan pada orang dewasa, namun anak-anak dan balita juga bisa mengalaminya. Untuk itu, sebagai orangtua, Anda harus waspada terhadap setiap keluhan apapun yang disampaikan oleh anak. Saat ISK terjadi, bisa saja anak menjadi enggan buang air kecil yang justru dapat semakin membahayakan kesehatan anak.

Secara umum, ISK ini terbagi menjadi dua, yaitu ISK atas dan ISK bawah. ISK atas adalah infeksi yang terjadi di sekitar kantung kemih hingga ke bagian atas kantung kemih. Sementara ISK bawah terjadi di wilayah kantung kemih hingga ke bagian bawah kantung kemih. Setiap jenis ISK memiliki gejala dan penanganan yang berbeda.

Gejala penyakit infeksi saluran kemih pada anak.

Biasanya meliputi panas tinggi, muntah-muntah, urin berbau, berwarna keruh, hingga berdarah. Bahkan terkadang gejalanya disertai dengan kejang-kejang. Pada gejala pada ISK bawah biasanya meliputi buang air kecil yang lebih sering, mengeluh sakit perut, sakit saat buang air kecil, dan kadang terlihat ada darah pada urin. Walaupun keduanya memiliki gejala yang berbeda, ISK atas dan ISK bawah penyebabnya tidak lain adalah kuman atau bakteri yang mengganggu jaringan ginjal. Waspada dan segera memeriksakan ke dokter bila anak mengalami salah satu dari gejala di atas. Untuk mendiagnosa jenis ISK mana yang dialami oleh anak Anda, diperlukan contoh urin untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Walaupun ISK dalam kondisi ringan, penanganannya tetap tidak boleh diabaikan. Pengobatan yang tidak tuntas dapat menyebabkan parut ginjal atau gangguan ginjal lainnya.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *