Penyebab Urin Keluar Sedikit Dan Terasa Sakit

Saat kandung kemih yang merupakan tempat penampungan urin mulai terasa penuh, secara alami kemudian otot-otot disekitarnya akan merangsang sinyal ke otak untuk segera membuangnya. Dengan cara membuat rasa tidak nyaman para perut di bagian bawah seperti perut mulas, pegal pinggang, kembung hingga terasa mual.

Penyebab Urin Keluar Sedikit Dan Terasa Sakit

Jika kemudian Anda lalu menunda-nunda keinginan untuk buang air kecil, Anda bisa mengalami kesulitan buang air kecil dengan lancar setelahnya. Selain itu, beberapa faktor berikut ini bisa jadi penyebab buang air kecil dengan urin yang keluar sedikit dan juga terasa sakit. Antara lain :

1. Kehamilan.

Kehamilan membuat rahim melebar dan membesar, hal inilah yang membuat ibu hamil terkadang mengalami kesulitan dalam buang air kecil dengan lancar.

2. Terdapat Batu ginjal didalam kandung kemih

Walaupun ukuran dari Batu ginjal hanya sebesar biji salak, namun efeknya tetap saja buruk karena dapat menghalangi jalannya urin kearah uretra ( tempat untuk membuang urin ) menjadi kesulitan untuk buang air kecil dengan lancar.

3. Infeksi saluran kencing.

Jaringan salurah kemih yang luka menyebabkan saluran kemih menyempit dan mengecil sehingga menyebabkan air kencing akan keluar sedikit sedikit yang disertai rasa tidak nyaman pada kandung kemih.

4. Infeksi pada dinding uretra.

Jika dinding uretra kemudian terinfeksi bakteri atau virus, maka efeknya dapat menyebabkan luka dan akibatnya kandung kemih terasa penuh dan menyebabkan sakit diseputar perut bagian atas. Selain itu, bisa juga menyebabkan rasa nyeri ketika buang air kecil.

5. infeksi otak

Seseorang yang mengalami infeksi otak yang parah dapat mengakibatkan saraf tempat mengalirnya air urin jadi ikut terinfeksi

6. Diabetes.

Diabetes yang sudah parah akan mempengaruhi kelancaran untuk buang air kencing dengan lancar. Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh membuat saraf tempat mengalirnya urin jadi terinfeksi dan sulit untuk sembuh.

7. Prostat bengkak.

Pada pria yang mengalami pembengkakan prostat, mereka kemudian mengalami kesulitan buang air kecil. Pembengkakan pada prostat menyebabkan jalan untuk urin kemudian tersumbat. Pembengkakan terjadi karena menahan kencing terlalu lama atau telah terinfeksi bakteri dan virus.

8. Stroke.

Saat penyakit Stroke kemudian bertambah parah, penderita juga bisa mengalami kesulitan dalam buang air kecil sehingga menyebabkan urin yang keluar tidak lancar. Hal ini terjadi akibat kelumpuhan jaringan saraf, dan otot-otot bagian saluran kemih dan sekitarnya.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *