Sindroma Alport Juga Menyebabkan Kencing Berdarah

Mungkin Anda belum tau bahwa penyebab dari kencing berdarah atau Hematuria salah satu penyebabnya adalah gangguan di ginjal. Salah satu gangguan ginjal yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kencing berdarah disebut Sindroma alport. Kondisi ini juga disebut sebagai nifritis herediter, yaitu sebuah kelainan genetik yang menyebabkan gangguan fungsi ginjal dan terdapat dalam darah di air kencing. Selain itu, penderitanya juga terkadang mengalami kelainan pada mata serta mengalami gangguan pendengaran (tuli).

Sindroma Alport Juga Menyebabkan Kencing Berdarah

Diketahui jika penyebab dari Sindroma alport adalah kelainan gen pada kromosom X. Pada wanita yang memiliki gen pada salah satu kromosom X-nya biasanya tidak menunjukkan suatu gejala. Walaupun begitu, wanita dengan gen sebelumnya berpotensi mewariskannya pada keturunannya kelak. Para pria yang memiliki gen ini juga biasanya memiliki potensi terhadap gagal ginjal di usia 20-30 tahun. Hal ini terjadi karena pria memiliki 1 kromosom X dimana kemampuannya tidak dapat mengkompendasikan kelainan yang terjadi pada kromosom ke keomosom lainnya.

Untuk gejalanya, seperti yang dijelaskan diawal gejala dari Sindroma alport adalah Hematuria alias kencing berdarah. Sindroma alport juga tidak hanya menyerang pada ginjal, tapi bisa menyerang organ lainnya. Efek lainnya dari Sindroma alport adalah terjadi gangguan pendengaran, katarak, polineuropati, trombositopeni dan Hipertensi.

Baca juga : Pengobatan Kencing Berdarah Dengan Tanaman Daun Sendok

Sindroma Alport Juga Menyebabkan Kencing Berdarah |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.