Tanda-tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

Tidak banyak yang mengetahui bahwa salah satu indikator medis untuk mengindikasi penyakit tertentu pada tubuh kita, adalah melalui urin. Tidak hanya melalui warna urin saja, tapi juga melalui aroma yang dikeluarkan urin.

Tanda-tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

Photo dari klikdokter.

Faktanya, setiap hari ginjal kita menyaring kurang lebih 200 liter darah. Sistem penyaringan ginjal yang kompleks menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh dan membuangnya menjadi urin. Namun bagaimana mengetahui urin Anda normal atau tidak? Untuk mengetahuinya, simak tanda-tanda air kencing berikut ini.

1. Tingkat kejernihan urine.

Warna dan ‘konsentrasi’ urine dapat membantu Anda mengetahui apakah hidrasi Anda cukup. Jika warna urine adalah kuning gelap, mungkin saja kondisi ini terjadi akibat Anda mengalami dehidrasi atau kurang minum. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan batu ginjal karena mineral penyebab batu akan terkonsentrasi pada ginjal dan saluran air.

2. Warna dan bau dari urine.

Jika urine Anda tidak berwarna kuning, bisa jadi hal tersebut merupakan hal yang serius (misalnya terdapat darah di dalam urine). Namun bisa jadi hal tersebut juga berkaitan dengan diet ataupun obat yang Anda konsumsi. Misalnya saat Anda sering mengonsumsi buah bit, urine Anda dapat berwarna merah jambu. Hal ini seringkali mengecoh jika terdapat sel darah merah dalam urine, urine Anda dapat berwarna merah maupun seperti teh botol. Hal ini juga berlaku dengan bau. Makanan tertentu dapat menyebabkan bau spesifik seperti asparagus. Atau jika Anda mengonsumsi obat-obatan tertentu atau vitamin dapat juga memberikan bau tertentu.

3. Tanda awal kerusakan Ginjal.

Protein dalam urine menjadi suatu penanda utama adanya kerusakan ginjal, terutama pada penderita Diabetes. Protein pada urine dapat menghasilkan busa berlebih pada urine. Selain itu, perlunya memperhatikan beberapa hal dibawah ini yang ternyata memiliki hubungan gejala awal kerusakan ginjal dengan faktor lainnya adalah:

  • Jika Anda berusia lebih dari 60 tahun.
  • Menderita Diabetes.
  • Hipertensi.
  • Riwayat keluarga yang menderita gagal ginjal.
  • Maka ada baiknya Anda memeriksakan analisa urine secara rutin.

4. Tanda Diabetes.

Buang air kecil dengan intensitas cukup sering serta dalam jumlah yang banyak, bisa jadi Anda menderita Diabetes. Jika darah Anda mengandung banyak “gula” dan tubuh tidak dapat memprosesnya secara efektif, maka ginjal Anda akan bekerja ekstra keras untuk mengeluarkannya.

5. Tanda infeksi.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri terdapat di saluran kemih dan berreplikasi. Bakteri biasanya masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra atau lubang kencing. Gejala infeksi saluran kemih diantaranya tidak lampias saat BAK, tidak dapat menahan BAK, rasa panas sewaktu BAK atau juga perubahan warna dan bau padaurine.

Posted by Obat Kencing Berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.