Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Kemih,- Kencing Berdarah salah satunya bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang menyerang pada kandung kemih atau uretra dan infeksi yang terjadi ini lebih serius dalam mempengaruhi fungsi ginjal. Infeksi pada kandung kemih ini berakibat penderitanya mengalami sakit panggul, ingin terus buang air kecil, nyeri saat buang air kecil dan darah pada urin.

Infeksi saluran kemih tidak termasuk sebagai penyakit yang gampang menular pada orang lain karena perkembangan penyakitnya digerakkan oleh bakteri dan bukan virus. Penanganan yang umum untuk kondisi ini adalah dengan antibiotik. Nah berikut ini adalah jenis Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Kemih dengan antibiotik yang dianjurkan.

Terapi Antibiotik Parental Treament

  • Cefriaxone.

Cefriaxone jenis antibiotik yang bisa diberikan pada anak anak yang menderita gejala atau sudah terserang infeksi, serta bagi penderita yang secepatnya membutuhkan terapi infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan infeksi tersebut disebabkan oleh serangan bakteri E coli. Jenis morgarella morganii dan jenis proteus mirabillis

  • Cefpodoxime.

Cefpodoxime jenis antibiotik yang bisa diberilkan sebagau upaya terapi infeksi saluran kemih guna menghilangkan serta menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme yang didalamnya telah terkontiminasi aerobik-anaerobik.

  • Ticarcillin.

Antibiotik jenis ini bisa diberikan sebagai metode terapi infeksi saluran kemih pada anak dan dewasa guna menghambat pergerakan mikroorganisme atau bakteri yang sudah masuk dalam jaringan kandung kemih tetapi belum menginfeksi kemih secara melebar atau meluas.

Terapi Antibiotik Oral Treament

  • Amoksillin klavulanat.

Antibiotik jenis amoksillin klavulanat yang digunakan untuk menghambat serta memperlambat laju jalan bakteri sistesis pada dinding sel dengan mengikat protein penisillin.

  • Sulfonamide.

Antibiotik jenis sulfonamide yang dapat diberikan pada anak pada yang pada gejala awal namun sudah memberi keluhan infeksi dengan tanda tanda umum seperti sering buang air kecil dengan rasa nyeri pada kandung kemih serta mengeluarkan darah segar. Sulfonamide ditujukan untuk menghentikan darah yang tercampur dengan urin serta mengurangi nyeri pada saluran kemih ketika air seni mulai dikeluarkan.

Cefpodixime.

Cefpodixime diberikan untuk memperkecil resiko masuknya bakteri lain pada kemih serta mempercepat penyembuhan infeksi pada saluran kemih.

Pemberian terapi antibiotik oral setelah cara parental.

Dalam pengobatan awal, dokter pada umumnya akan merekomendasikan untuk menggunakan pengobatan parental dan setelah pasien memiliki perubahan atau perbaikan kesehatan akan kemihnya yaitu bisa dilihat dalam rentan waktu 24 sampai 48 jam. Maka setelah itu pasien akan diberikan antibiotik lanjutan dalam bentuk oral dengan rentang waktu pengobatan antara seminggu sampai 14 hari.

Rekomendasi cara penggunaan antibiotik yang benar.

Terapi Pengobatan Infeksi Saluran Kemih yang menggunakan antibiotik tidak boleh dilakukan sembarangan tanpa rekomendasi dokter. Antibiotik akan diberikan dokter sesuai perkembangan infeksi yang dialami pasien, serta disesuaikan dengan jenis bakteri atau kuman yang menyerang. Takaran antibiotik yang dipakai akan disesuaikan pula dengan pola resisten dari bakteri terhadap antibiotik itu sendiri agar infeksi saluran kemih mudah disembuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.